Selasa, 18 September 2012

Panjang Ikatan


No
Senyawa
Ikatan
Panjang Ikatan
Gambar
Keterangan
1
NaCl
Na-Cl
2,53
NaCl dibandingkan dengan NaBr

NaBr memiliki panjang ikatan yang lebih besar dibandingkan dengan NaCl, hal ini terjadi karena Br memiliki jumlah kulit yang lebih banyak bila dibandingkan dengan Cl. Sehingga, jarak dari inti ke elektron valensi lebih besar dan hal tersebut menyebabkan panjang ikatan antara Na dan Br lebih besar.

NaBr
Na-Br
2,68
2
KI
K-I
3,36
KI dibandingkan dengan KBr

KI memiliki panjang ikatan yang lebih besar dibandingkan dengan KBr, hal ini terjadi karena I memiliki jumlah kulit yang lebih banyak bila dibandingkan dengan Br. Sehingga, jarak dari inti ke elektron valensi lebih besar dan hal tersebut menyebabkan panjang ikatan antara K dan I lebih besar.

KBr
K-Br
3,17
3
NaOH
Na-O
O-H
2,27
0,96

4
KOH
K-O
O-H
2,76
0,96


5
Ca(OH)2
Ca-O
O-H
2,47
0,96


 Keterangan :
  • Berdasarkan sistem periodik unsur semakin ke kiri panjang ikatan semakin besar, karena semakin ke kiri jumlah proton semakin kecil sehingga lebih sulit untuk menarik elektron valensi. Begitupuun sebaliknya.
  • Berdasarkan perioda unsur, semakin ke bawah panjang ikatan juga semakin besar, karena semakin ke bawah jumlah  kulit yang dimiliki oleh suatu usur akan bertambah sehingga pajang ikatannya pun bertambah besar.
                                                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar